Kamis, 27 April 2017

PROPOSAL USAHA AIR MINUM ISI ULANG “SAE KARYA”

PROPOSAL USAHA
DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DAN TOKO FILTER AIR “SAE KARYA”
Proposal Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kewirausahaan
DOSEN : Dr. Drs. Sukirman S.Pd.,SH.,MM

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZulHjs4pgH7ErItZLayhwacFCW_6nI8ViG4zaQCoM0OctwGWW1vDunvVhyphenhypheniXGvcthcFyzYKk_8hlXZ_yTjGGcJXFjgYQdKm5fiLxCbzq3pPcVlYsR6rJ0HV5NlInospyViIIR0DVb7WLb/s400/logo+umk-universitas+muria+kudus.png

Disusun Oleh:

              Nama                 : Ayu Septhiana Putri
NIIM                  : 201511176
       Kelas                 : 4D Manajemen
                                                           PROGAM STUDI MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017/ 2018




DAFTAR ISI
JUDUL                                                                                                                       i
DAFTAR ISI                                                                                                              ii
KATA PENGANTAR                                                                                               iii
ABSTRAK                                                                                                                 iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang                                                                                                1
1.2  Konsep                                                                                                            3
1.3  Visi                                                                                                                  4
1.4  Misi                                                                                                                 4
1.5  Tujuan                                                                                                             5
BAB II PROFIL USAHA
2.1  Nama dan Alamat Perusahaan                                                                        6
2.2  Nama dan Alamat Pemilik                                                                              6
2.3  Informasi Tentang Usaha                                                                                6
BAB III STRUKTUR ORGANISASI
3.1     Struktur Organisasi Usaha                                                                            7
3.2  Job Description ( Penjelasan Tugas )                                                            7
BAB IV PRODUK USAHA
4.1  Jenis Produk                                                                                                    8
4.2  Peralatan yang Diperlukan                                                                              10
4.3  Bahan Baku                                                                                                    10
4.4  Gambaran Produk dan Jasa                                                                            11
4.6  Pembuatan Produk Air Minum Isi Ulang                                                       11
4.6  Keunggulan Produk Depot Air Minum                                                          12
BAB V ASPEK PEMASARAN
5.1  Target dan Segmentasi Pasar                                                                          14
4.4  Faktor Kompetitif                                                                                           15
5.3  Rencana Penjualan                                                                                          16
BAB VI RENCANA KEUANGAN                                                                         18
BAB VII PENUTUP                                                                                                 22
LAMPIRAN                                                                                                               23-31




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas proposal bisnis ini tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari pembuatan proposal bisnis ini untuk memahami yang lebih baik mengenai bagaimana menjalankan usaha dan bagaimana suatu usaha mendapatkan dana untuk modal kerja operasional.
Dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penulisan proposal bisnis ini, dan juga penulis menyadari bahwa penulisan proposal bisnis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak penyempurnaan proposal bisnis ini, sangat penulis harapkan.
Penulis berharap semoga proposal bisnis ini memberi manfaat yang besar bagi kita semua yang membutuhkannya.

                                                                                    Kudus, 20 Maret 2017

                                                                                                Penulis



ABSTRAK
Air minum merupakan kebutuhan manusia yang paling penting, agar tetap sehat air minum harus memenuhi persyaratan fisik, kimia dan biologi. Air tawar bersih untuk air minum semakin langka di perkotaan. Air tanah sudah tidak aman untuk dijadikan air minum karena telah terkontaminasi oleh rembesan septik tank, maupun air permukaan buangan limbah industri dan rumah tangga. Hal ini yang menjadi alasan mengapa air minum isi ulang menjadi pilihan masyarakat untuk dikonsumsi dengan harga yang murah.
Penulis berencana mendirikan usaha dagang berupa penjualan air minum isi ulang, produk kebutuhan depot air minum, sparepart kebutuhan mesin depot air minum isi ulang, pelayanan jasa yang melayani pemasangan baru untuk usaha depot air minum isi ulang, service panggilan memperbaiki berbagai macam kerusakan teknis mesin depot air minum.. Dimana usaha yang didirikan ini mempunyai visi,misi yang kuat. Dan dari segi ketertarikan konsumen juga banyak yang membutuhkan sehingga usaha ini bisa berkesinambungan dalam jangka panjang. Dalam segi namanya usaha ini diberi nama “Depot Air Minum Isi Ulang SAE KARYA” agar pembeli mudah mengingat nama tersebut. Dari segi pengusaha usaha ini cukup menjanjikan dan menggiurkan, karena labanya cukup maksimal dan bisa didapatkan setiap harinya.
Selain itu, penulis juga berencana untuk bisa mengembangkan usaha ini dengan cara membuka cabang dibeberapa tempat, agar masyarakat bisa lebih mengenal, dan juga diusahakan bisa lebih melengkapi kebutuhan konsumen. Tentunya dengan harga yng tidak kalah dalam bersaing. Dilihat dari pesaing, memang banyak karena usaha ini termasuk usaha yang mudah. Yang membedakan usaha ini dengan jasa yang lain yakni kami melayani dengan cara halus kepada pelanggan, kami juga melayani melalui panggilan antar jemput air minum yang dimana dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Dan diharapkan dari penulis agar usaha ini bisa tetap bertahan dan bisa bersaing dengan usaha yang lainnya.




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Air sangat diperlukan oleh tubuh manusia seperti halnya udara dan makanan. Manusia tidak akan bisa bertahan hidup tanpa air. Selain berguna untuk manusia, air pun diperlukan oleh makhluk hidup lain misalnya hewan dan tumbuhan. Bagi manusia, air sebagian besar digunakan sebagai air minum baik yang dapat diminum langsung maupun yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum diminum.
Air  merupakan  kebutuhan  mutlak  bagi  kehidupan  manusia  dan makhluk hidup  lainnya.  Badan  manusia  terdiri  dari  sekitar 65 %  air. Kehilangan   air  cukup   banyak   dapat  berakibat   fatal   atau   bahkan mengakibatkan kematian. Setiap hari manusia memerlukan 2,5 - 3 liter air untuk minum dan makan.
Air yang ada di bumi umumnya tidak dalam keadaan murni (H20), melainkan megandung berbagai bahan baik terlarut maupun tersupensi, termasuk mikroba. Oleh karena itu sebelum dikonsumsi, air harus diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan atau menurunkan kadar bahan tercemar sampai pada tingkat yang aman. Air bersih adalah air yang jernih tidak berwarna, dan tidak berbau. Meskipun demikian, air jernih yang tidak berwarna, dan tidak berbau belum tentu aman dikonsumsi.
Air  minum, tetap menjadi kebutuhan pokok setiap orang,  kapanpun, dimanapun.  Karena itu bisnis air minum tetap bergairah, tetap prospek, apalagi jika kualitas dan higienitas air tanah di kawasan tersebut tercemar dan rendah kualitasnya. Air merupakan kebutuhan pokok manusia dan mahluk hidup lainnya dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.air yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan dapat menyebabkan gangguan bagi yang menkonsumsinya.
Tidak dapat disangkal bahwa komposisi tubuh manusia dewasa sekitar 60-70 % terdiri dari air, sementara pada bayi hampir 80 % tubuhnya terdiri dari air, dan pada janin bahkan lebih dari 90 % tubuhnya terdiri dari air. Air dibutuhkan oleh semua bagian tubuh manusia untuk dapat melakukan aktivitasnya. Guna air bagi tubuh antara lain sebagai : bahan pembentukan sel, bahan pembawa, pengatur suhu, pelarut, pereaksi, pelumas & sebagai bantalan/adsorber.
Jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh sangat bervariasi, tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi, suhu & kelembaban lingkungan, tingkat aktivitas tubuh, jenis kelamin, serta usia & kondisi tubuh. Kira-kira tubuh memerlukan sekitar 2 - 2,5 liter air perhari, jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan dari air minum & makanan. Katakanlah rata-rata kita membutuhkan 1 liter air minum setiap hari maka jika penduduk suatu kawasan, kecamatan mawasangka misalnya dengan penduduk 15.000 maka air minum yang dibutuhkan setiap haru adalah 15.000 liter atau 166 galon perharinya. Jika sepertiga dari kebutuhan tersebut dari masyarakat yang tidak mau repot memasak (instant) maka kebutuhan minum yang harus disupply oleh depot air minum adalah 166 galon perhari.
Kebutuhan ini merupakan peluang bisnis air minum isi ulang yang dapat kita manfaatkan dengan membuka depot air minum isi ulang (SAE KARYA). Menjalankan usaha ini bisa meraup keuntungan yang besar, karena masyarakat banyak yang beralih menggunakan jasa depot pengisian air isi ulang tersebut.
Dalam era pembangunan dan perindustrian pada saat ini telah meningkatkan taraf hidup manusia, akan tetapi pembangunan menjadi suatu dampak pencemaran air yang sangat menyolok. Sungai-sungai dan sumber-sumber air banyak tercemar unsur kimia organik, non organik, logam berat, dan sebagainya yang dapat membawa kerugian fatal bagi tubuh manusia. Air yang tercemar bukan saja kehilangan daya detoksifikasinya untuk melancarkan metabolisme sel tubuh, tetapi juga merugikan tubuh kita.
Timbulnya berbagai permasalahan diatas menjadikan jutaan masyarakat saat ini telah membelanjakan uangnya hanya untuk mendapatkan air bersih untuk diminum sehari-harinya. Secara singkat dapat dikatakan air memegang peranan penting dalam tubuh sehingga perlu diperhatikan kebersihan dan higienitasnya. Mengabaikan peranan penting air berarti anda menampung berbagai sumber penyakit dimasa akan datang. Persiapan dana yang besar untuk mengobatinya, hilangnya hari-hari bahagia bersama keluarga dan bahkan akibat paling buruk, anda kehilangan mata pencarian karena fisik tidak menunjang serta menjalani hidup lebih lama ditempat tidur karena sakit.
Dengan adanya temuan baru beberapa tahun yang lalu tentang teknologi penyaringan air bersih (air isi ulang) dengan investasi yang cukup murah dan dapat dijadikan sebagai home industri (usaha mikro) dilokasi-lokasi permukiman. Harga jual produk otomatis sangat murah dibandingkan produk yang bermerek. Dan diperkirakan permintaan akan produk air isi ulang akan terus meningkat sejalan dengan perkembangan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya air bersih untuk metabilosme sel-sel tubuh. Disamping itu pemerintah sangat mendukung dengan adanya usaha ini “Masyarakat dapat hidup sehat dengan biaya hidup ekonomi rendah”.

1.2  Konsep Produk dan Gambaran Umum Usaha
Depo air minum Isi Ulang dan Toko Filter Air SAE KARYA merupakan format usaha baru yang menyediakan air minum dengan kualitas prima melalui gerai-gerai pengisian air minum yang letaknya berdekatan atau berada di lingkungan konsumen Air Minum Isi Ulang. Gerai ini sendiri merupakan gabungan antara isi ulang air minum dan toko filter air, karena selain berfungsi sebagai sarana penjualan, proses produksi air minum juga dilakukan di gerai. Bahan bakunya adalah air alami dari sumber pegunungan yang dipasok menggunakan truk tangki. Dengan letak gerai yang berdekatan dengan lingkungan konsumen, maka konsumen dengan mudah dapat membawa botol galon milik sendiri ke gerai SAE KARYA untuk diisi ulang. Gerai SAE KARYA melayani konsumen dengan sepenuh hati dan profesional. Depo air minum isi ulang SAE KARYA menyediakan berbagai macam alat penyaring air sumur dan sperepart kebutuhan mesin depot isi ulang air minum
Bisnis air minum isi ulang merupakan bisnis yang akan bias survive dalam jangka panjang. Walaupun bisnis ini belakangan cukup menjamur, jangan patah semangat untuk menekuninya, sebab semua orang membutuhkan air, baik untuk minum ataupun keperluan kebutuhan yang lainnya. Menngelola bisnis ini tidaklah terlalu sulit dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas, yang penting lokasinya strategis. Depot air isi ulang yang strategis ini ternyata dapat mendongkrak penjualan sampai 50.
Perbedaan harga antara depot yang satu dengan yang lainnya itu tidak signifikan. Bahkan bisa dibilang bisnis ini mirip dengan jual voucer isi ulang, orang akan mencari tempat pengisian atau  tempat depot air isi ulang tertentu walaupun perbedaan harga air isi  ulang bisa dikatakan tipis. Banyak sekali tempat depor air isi ulang yang semakin sukses, karena bisnis tersebut menjanjikan sekali.
Langkah awal yang perlu Saya lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah menyediakan tempat di lokasi strategis. Kemudian Saya harus mencari agen penyulingan dan juga perakitan alat pengisian ulang air mineral. Dan juga meskipun display alat suling air Saya biasanya tampak jelas, namun tetap perlu mempromosikannya agar masyarakat sekitar mengetahui keberadaan usaha Saya.
Kendala dalam menjalankan usaha ini adalah kepercayaan masyarakat, karena sangat peka dengan kualitas air kemasan yang Saya jual tersebut. Keberhasilan dalam menjalankan usaha ini antara lain bergantung pada beberapa hal:
Ø  Kualitas air
Ø  Harga per gallon
Ø  Layanan yang baik dan ramah
Ø  Lokasi strategis depot isi ulang

1.3   Visi Usaha
Visi Depo Air Minum dan Toko Filter Air SAE KARYA  adalah:
1.    Berdikari (Berdiri di kaki sendiri) untuk menciptakan sebuah lapangan kerja
2.    Menjadi produsen air minum terdepan di sekitar wilayah desa prambatan, dengan pangsa pasar 90%.
3.     Menjadi depo isi ulang yang dapat menyediakan air minum yang bersih, higienis, dan menyehatkan. 
4.     Untuk menghadirkan kembali air murni yang berkualitas bagi kehidupan
5.     upaya peningkatan upaya kebijakan masyarakat mengenai air.
6.    Memberikan kepuasan konsumen yang tiada hentinya menginginkan suatu air minum dengan sentuhan inovasi yang bersih dan higienis

1.4   Misi Usaha
Misi Depo Air Minum dan Toko Filter Air SAE KARYA adalah
1.    Memberikan, mempermudah, dan memperdekat isi ulang air minum yang berkwalitas serta sehat kepada masyarakat
2.    Senantiasa menjaga kualitas hasil produksi. Memberikan produk berkualitas  sehingga konsumen memiliki loyalitas yang tinggi
3.    Meningkatkan kesejahteraan pemilik serta karyawan Depot SAE KARYA
4.    Menjaga kualitas air dan produk peralatan lainnya, memperhitungkan daya tahan air minum, serta menjaga kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan dengan harga terjangkau
5.    Melakukan perluasan pasar produksi dan menjaga efisiensi kerja yang optimal
6.    Mengutamakan kebersihan isi produk maupun kemasan produk
7.    Memberikan air minum yang sehat, menciptakan kehidupan yang sehat

1.5  Tujuan
Tujuan Didirikan Usaha Adapun tujuan didirikannya usaha ini adalah :
a.    Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan
b.    Menyediakan kebutuhan air minum kepada masyarakat
c.    Menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran
d.   Mendapatkan keuntungan atau pengahasilan berwirausaha dari produk ini
e.    Memperluas area pemasaran produk isi ulang air minum
f.     Menambah jenis air yang diproduksi
g.    Mempunyai beberapa cabang di beberapa daerah.
h.    Dapat memproduksi air minum dalam kemasan yang berskala besar dan mempunyai beberapa produk kemasan
i.      Memberikan kepuasan dan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen



BAB II
PROFIL USAHA
n

2.1                Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan                    : Depot Isi Ulang Air Minum “SAE KARYA”
Jenis Usaha                             : Usaha Isi Ulang Air Minum dan Toko Filter Air
Alamat perusahaan                  : Desa Prambatan Kidul Rt 07 Rw 03 Kaliwungu Kudus
No. Telp                                  : 085326840281
2.2                Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik                          : Ayu Septhiana Putri
Alamat pemilik                        : Desa Prambatan Kidul Rt 07 Rw 03 Kaliwungu Kudus
No. Telp                                  : 085326840281
2.3    Informasi Tentang Usaha
Perusahaan yang kami dirikan ini bergerak di bidang perdagangan jasa isi ulang air minum yang menjual isi ulang air minum, berbagai macam  alat penyaring air sumur dan sperepart kebutuhan mesin depot isi ulang air minum dengan memilih usaha ini kami yakin usaha kami akan berkembang dan maju, di karenakan pada saat ini banyak sekali masyarakat yang gemar memilih air minum isi ulang yang bersih, higienis dan menyehatkan




BAB III
STRUKTUR ORGANISASI

Dalam hal ini kami membutuhkan karyawan, Karena usaha ini kami geluti dengan beberapa orang yang mempunyai tugas masing-masing.
3.1   STRUKTUR ORGANISASI USAHA
a.   STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi dalam bisnis ini adalah sebagai berikut:
a. Pimpinan Usaha                              : Ayu Septhiana Putri
b. Wakil Pemilik                                  : Heru Widodo
c. Penanggung Jawab Produksi          : Gandhi Saputra dan Salsabila Ulya
d.  Penanggung Jawab Pemasaran       : Gandhi Saputra
e. Penanggung Jawab Keuangan        : Ayu Septhiana Putri
b. Tugas dan tanggung jawab masing –masing
 a). pemilik perusahaan    adalah orang yang memiliki usaha di SAE KARYA yang  berhak penuh di dalam mengambil sebuah keputusan
 b). wakil  pemilik     adalah orang yang  di percaya untuk mengambil keputusan ketika pemilik usaha  tidak ada di tempat
 c). karyawan    bertugas untuk memproduksikan isi ulang sampai siap di kemas dan di pasarkan
d). sopir sebagai agen pengecer     yang bertugas mengantarkan hasil produksi ke suplayer atau pengecer
 e) pengecer/ruko   bertugas menjualkan hasil produk yang di antar oleh sopir , untuk di jual ke masyarakat/ konsumen

3.2    Job Description ( Penjelasan Tugas )
1.    Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya dan input/output keuangan usaha
2.    Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan yang bertugas untuk membantu memasarkan produk dari usaha ini.  

BAB IV
PRODUK USAHA


4.1  Jenis Produk
1.    Air Minum  - Isi Ulang
Depo Air Minum SAE KARYA memberikan layanan pengisian Air Minum SAE KARYA di lokasi gerai yang berada di desa prambatan kidul. Pelanggan datang ke gerai dengan membawa botol galon kosong 19 liter miliknya untuk diisi ulang dengan Air Minum SAE KARYA. Untuk menjaga kepastian akan kualitas terbaik, Depo Air Minum SAE KARYA saat ini sudah memberikan layanan ambil sekaligus antar botol galon.
Depo Air Minum SAE KARYA tidak hanya menyediakan isi ulang air minum biasa tetapi juga tersedia isi ulang air minum RO (Reverse Osmosis) air minum ini Air minum ini memakai mesin reverse osmosis sebagai mesin utama, bisa memakai air sumber (air baku) yang ber-tds 40 hingga 500 ppm, bisa memakai air pam, air sumur, air gunung juga semakin baik step by step pengolahannya adalah sama, yaitu :
  1. Filtrasi 
  2. Ultrafiltrasi mesin reverse osmosis
  3. kemudian Ultraviolet untuk hasil air RO.
Air RO biasanya ber TDS 0 ppm sampai 20 ppm, semakin sedikit ukuran ppm semakin mendekati kemurnian air, untuk dari itulah di negara-negara maju semua menggunakan air murni jenis ini untuk dikonsumsi, misalkan di Singapura mereka mengkonsumsi air RO dengan nama dringking water,air RO kenapa bisa murni? karena memakai membrane, Air RO sudah di uji di lab pemerintah dan laboratorium perguruan tinggi dan hasilnya memang baik dan memenuhi standart air untuk dikonsumsi, baik test secara fisika, kimia maupun bakteriologis untuk gambaran sederhana kenapa air minum RO menghasilkan air yg lebih baik adalah sbb, air masuk ke mesin 10 liter, keluar menjadi air bersih 4 liter, dan air kotor 6 liter.
2.    Produk lainnya
a.    Tutup Galon
b.    Macam-macam galon
c.    Berbagai macam alat penyaring air sumur
d.   Sparepart kebutuhan mesin depot isi ulang air minum

3.      Jasa Layanan Depot Air Minum SAE KARYA
Melayani :
a.    Pemasangan baru untuk usaha depot isi ulang air minum mineral dan R.O
b.    Pemasangan filter penjernih air sumur yang kotor dan bau untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam rumah tangga maupun industri
c.    Merekondisi / memperbarui instalasi mesin depot isi ulang yang sudah lama
d.   Service panggilan memperbaiki berbagai macam kerusakan teknis mesin depot air minum dan segala permasalahan lainnya
4.    Botol Galon Baru Tanpa Merek / Polos
Tersedia botol galon baru tanpa merek / polos @ Rp. 46.000,- dengan bonus isi Air Minum SAE KARYA

5.    Pembersihan & Sterilisasi Botol Galon
Semua proses pembersihan dan sterilisasi botol galon pelanggan diberikan secara gratis sesuai standar kualitas terbaik Air Minum SAE KARYA. Botol galon milik pelanggan akan disterilkan dengan obat yang layak konsumsi (food-grade) dan dibilas dengan air minum (air steril).
Pembersihan botol yang lebih menyeluruh akan diberikan apabila botol galon milik pelanggan membutuhkan atau pelanggan memintakannya, yaitu dengan menambahkan proses penyikatan bagian dalam botol dan/atau pengobatan / perendaman botol galon. Proses pembersihan botol secara menyeluruh akan membutuhkan waktu yang lebih dan oleh karenanya membutuhkan persetujuan dari pelanggan.

6.    Standar Kegkapan Produk
Standar kelengkapan produk Air Minum SAE KARYA termasuk tutup botol baru yang higinis dan berkualitas, tisu pembersih leher botol galon, dan label informasi produk.

7.    Layanan dari Kendaraan kembali ke Kendaraan dan Layanan Pesan Antar
Kemudahan diberikan bagi pelanggan dengan memberikan layanan pengambilan botol galon kosong dari kendaraan pelanggan, dan mengangkat dan mengatur kembali botol galon yang telah diisi Air Minum SAE KARYA ke kendaraan pelanggan. Layanan ini adalah standar Depo Air Minum SAE KARYA dan diberikan secara gratis. Kami juga memberikan pelayanan pesan dan diantar langsung ke rumah dan diberikan secara gratis.

4.2  Peralatan yang Diperlukan
Untuk memulai bisnis ini, beberapa alat yang perlu dibeli antara lain :
a.    Satu unit pompa
b.    Tabung Filter Air, digunakan untuk menyaring air,
c.    Pasir Silika berfungsi menyerap lumpur dan kotoran dalam tabung filter air,
d.   Karbon (Arang) Aktif untuk menyerap bau, rasa tidak enak, dan menjernihkan air,
e.    Satu set lampu ultraviolet (UV) untuk membunuh virus dan kuman di dalam air,
f.     Rak Aluminium untuk tempat proses pencucian dan pengisian air.
g.    Housing Filter sebagai tempat penyaringan kotoran,
h.    Filter catridge dewater untuk menyaring partikel besar dan kecil di dalam bahan baku air,
i.      Carbon block sebagai penyerap bau dan rasa,
j.      Water meter sebagai pengukur air (kapasitas)
k.    Beberapa tambahan peralatan lainnya, seperti penampung air, tutup galon dan tissu.

4.3                Sumber-sumber Produk / Bahan Baku
Sumber Mata Air Pegunungan Air Segar alami yang berasal dari mata air pegunungan. Air ini di ambil yang memiliki karakter rendah TDS 35 dan memiliki tingkat pH air 7,5 yang baik untuk dijadikan sebagai bahan baku depot isi ulang,Rumah Sakit,Industri Makanan dan Minuman,Kolam Renang,dan kebutuhan air bersih lainya.
Keunggulan air pegunungan yang kami suplay dengan sumber air yang lain:
Air Gunung sumbernya dari mata air pegunungan dari kaki gunung, aman dari bakteri, mengandung oksigen yang cukup, mendapat sinar matahari langsung, terhindar dari bahan kimia, terbebas dari limbah pabrik, apabila kita benar-benar ingin minum air yang kualitasnya semupurna, maka hanya terdapat pada mata air pegunungan. Air jenis ini cocok untuk dipakai: industri farmasi, industri makanan, industri kimia yang membutuhkan kadar air tertentu, air minum atau depot air minum isi ulang, untuk kebutuhan MCK dll.

4.4    Gambaran produk dan jasa
            Depot Air Minum Isi Ulang merupakan usaha di bidang Agroindustri yang secara khusus memproduksi air minum isi ulang.Depot Air Minum Isi Ulang berlokasi di Desa Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus yang memiliki populasi cukup besar. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat penting mengingat usaha yang kami geluti ini merupakan usaha yang menjadi kebutuhan mendasar bagi seluruh makhluk hidup.
 Dalam perjalanan bisnis ini tentu banyak menemui kendala, namun semangat para pengelola menjadi pemberi semangat baru, apalagi dari waktu ke waktu bisnis ini terus menunjukkan peningkatan penjualan.
Ke depan, kami akan terus melakukan ekspansi dengan memperluas jangkauan penjualan dan juga membuat variasi produk sesuai kebutuhan masyarakat, sebab setiap segmen masyarakat memiliki kebutuhan air minum dari berbagai jenis yang berbeda.
Depot Air Minum Isi Ulang SAE KARYA sampai saat ini merasa belum memaksimalkan kapasitas produksi yang dimilikinya, sebab kapasitas mesin pengolahan yang dimiliki mampu mensuplai kurang lebih 100 galon perhari namun angka penjualan masih berkisar 50 galon perhari.Meski bukan satu-satunya produsen air minum isi ulang, namun pasar air minum jenis ini masih sangat luas mengingat air minum merupakan kebutuhan dasar manusia.

4.5    Pembuatan Produk Air Minum Isi Ulang
Untuk sampai ke konsumen, air minum isi ulang harus diolah terlebih dahulu dilakukan pengolahan, berikut ini adalah proses pengolahan air minum pada depot-depot air minum isi ulang :
1.        Air bahan baku diambil dari sumber mata air pegunungan
2.        Kemudian air baku ditampung dari tanki-tanki berukuran besar
3.        Setelah air tersebut melewati  filter dari bahan silika untuk menyaring
4.        Kemudian melewati tabung-tabung berisi karbon aktif untuk menghilangkan bau
5.        Setelah itu air disaring dengan filter berukuran 10 mikron
6.        Kemudian disaring lagi menggunakan saringan berukuran 1 mikron untuk menyaring bakteri
7.        Setelah air bebas dari bakteri kemudian ditampung pada tanki khusus yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan tanki air baku
8.        Kemudian dilakukan penyinaran dengan menggunakan lampu ultra violet untuk mematikan kuman-kuman atau bakteri yang tersisa
9.        Bersikan galon, agar tidak ada kuman dan masukan air ke dalam botol lalu tutup dengan  tutup galon dan beri merek
10.    Air siap untuk dijual ke konsumen

4.6    Keunggulan Air Minum Isi Ulang SAE KARYA
Dari segi kualitas kriteria kualitas air minum isi ulang merupakan kriteria selanjutnya dari aspek operasional yang  dievaluasi. Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memnuhi syarat dan dapat diminum setelah dimasak. Kualitas air bersih sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat yang menkonsumsinya, oleh karena itu depot air minum SAE KARYA sebagai jasa pelayanan kepada masyarakat harus memberikan pelayanan kualitas air bersih yang baik dan aman dikonsumsi masyarakat.
 Penilaian terhadap pemenuhan tolok ukur kualitas air bersih dapat dinilai dari syarat fisik air. Air yang berkualitas baik harus memenuhi persyaratan fisik jernih atau tidak keruh, tidak berwarna. Secara fisika, air bisa dirasakan oleh lidah. Air yang terasa asam, manis, pahit, atau asin menunjukkan bahwa kualitas air tersebut tidak baik, Air yang baik memiliki ciri tidak berbau bila dicium dari jauh maupun dari dekat.  Adapun criteria kulitas air usaha depot ini adalah:
a.    Memiliki kelayakan air bersih dan sehat dari dinas kesehatan
b.    Secara fisik air tidak berasa dan tidak berbau serta tidak berwarna
c.    Aman di konsumsi oleh masyarakat
Air minum isi ulang SAE KARYA tersedia pada tingkat harga berkisar sepertiga dari harga AMDK. Dengan menggunakan 100%  teknolog i OZONâ,  yang merupakan standar industri AMDK, memberikan produk air minum yang kaya oksigen yang terlihat nyata dengan adanya butir-butir oksigen dalam botol galon. Tingkat kesegaran air minum  pasti lebih terjamin karena penjualan dilakukan segera setelah proses produksi selesai. Standar dan kelengkapan produk yang berkualitas menjadikan air minum semakin total dalam kualitas. Pelayanan yang prima & perofesional merupakan faktor kenyamanan yang utama bagi konsumen air minum SAE KARYA



BAB V
ASPEK PEMASARAN

5.1    A. Target dan segmentasi pasar Segmentasi
Target utama pasar adalah untuk semua kalangan, baik dari anak-anak sampai yang dewasa. Yang ditekankan disini adalah sebisa mungkin untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya dan mempertahankannya sebagai pelanggan melalui penawaran yang lebih menarik serta mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan.
1.    Segmentasi pasar produk air isi ulang ini ditargetkan pada  segmentasi pasar yaitu :
a.    Daerah Pemasaran
Permintaan air isi ulang di lokasi ini sangat tinggi di karenakan lokasi usaha ini berada di lokasi berada didaerah yang strategis yaitu kompleks padat penduduk dan di daerah pedesaan ini hanya ada satu depot air minum isi ulang yaitu depot SAE KARYA yang tentu sangat mudah dalam pemasaranya. Adapun pemasarannya yaitu dengan mengantar ke rumah konsumen dengan cara menghubungi nomer HP yang diberikan atau juga dengan datang langsung kedepot untuk mengisi galonnya sendiri.
b.    Pasar pemukiman / perumahan
c.    Sales marketing/ penitipan pada warung – warung
d.   Segmentasi Demografis
Bisnis ini ditujukan pada masyarakat kelas menengah ke bawah
e.    Segmentasi Psikografis
Bisnis ini ditujukan pada masyarakat yang hidup sehat dengan air segar dan higenis sebagai pendamping aktivitas sehari-hari.
2.    Targeting
Target penjualan gallon isi ulang air minum adalah semua kalangan masyarakat
Konsumen
Perminggu
Perbulan
Perumahan
200 galon
800 galon
Warung
400 galon
1600 galon
Jumlah
600 galon
240  2400 galon

3.    Positioning
Pilihan bahan baku yang berkwalitas, mutu yang terjaga dan pelayanan yang baik serta tepat waktu dalam pengiriman, akan mendapatkan nilai tersendiri oleh konsumen. Saya ingin menciptakan citra usaha di benak konsumen sebagai air minuman sehat dengan memberikan jamin sehat dan berkulitas segar, sehat dan higienis
4.    Ukuran dan Tren Pasar
1.    Segmen konsumen yang dibidik oleh Depot Air Minum Isi Ulang ada dua, yaitu Pelanggan rumahan dan pelanggan warung makan. Pelanggan rumahan secara umum memiliki ciri-ciri:
a.    Meminta perhatian lebih dengan minta diantarkan langsung pada saat butuh
b.    Tidak terlalu memperhatikan harga yang penting layanan dan kualitas yang baik
c.    Kebutuhan dalam jumlah sedikit
2.    Pelanggan warung makan memiliki ciri-ciri:
a.    Tidak memiliki ketentuan harus diantarkan pada waktu tertentu
b.    Meminta kelonggaran harga yang berada dibawah harga normal
c.    Memiliki kebutuhan dalam jumlah relatif besar dan rutin

B. Menggunakan Analisis SWOT
1.    Kekuatan
a.    Tempat yang strategis yakni di pinggir jalan dan dekat dengan pemukiman warga
b.    Kenyamanan dalam Pengisian karena Sebelum diisi Galonnya terlebih dahulu disikat galon tersebut menggunakan sikat pembersih Galon.
c.    Pemberian Kupon isi ulang gratis pada setiap pembeli Air Minum. 
d.   Jenis dan kualitas air telah teruji Oleh Dinas Kesehatan

2.    Kelemahan 
a.    skill kemampuannya msih terbatas karna baru.
b.    Pemrakarsa belum cukup berpengalaman dalam usaha di bidang Air Minum.

3.    Peluang
  1. Adanya peluang pasar  pasar potensial bagi usaha Depot Air Minum.
  2.  Kebutuhan Mahluk Hidup akan Air bersih sangat tinggi.

4.    Ancaman
Banyaknya saingan menyebabkan usaha Depot Air Minum ini harus terus meningkatkan layanannya

5.2    Faktor Kompetitif
a.    Jumlah Produk Sejenis Di Pasar
Mengenai jenis produk sejenis dipasaran, produk isi ulang air minum ini memang sudah cukup banyak bahkan di setiap daerah pasti ada. Namun dengan teknik pemasaran yang bagus maka bisnis ini pun akan berjalan dengan baik.
b.   Kapasitas Produksi Pesaing
Setiap competitor usaha bisnis isi ulang air minum, biasanya mengandalkan daerahnya, semakin luas daerah pemasarannya semakin tinggi produksinya.
c.    Proyeksi Penawaran Pesaing
Untuk penawaran pesaing.  Kami menawarkan kwalitas bahan yang digunakan. Daerah kami merupakan penghasil air yang cukup baik dan layak digunakan untuk bahan baku isi ulang air minum ini. Di daerah yang sumber airnya kurang bagus, biasanya competitor membeli air bahan baku melalui mobil tanki air. Dengan demikian proyeksi penawaran kepada pesaing kami menawarkan kerja sama untuk penyediaan bahan baku air.
Berdasarkan  pengamatan, kelemahan pesaing kita adalah :
  1. Pengiriman tidak tepat waktu
  2. Harga lebih mahal
Sehingga apabila kita dapat melakukan :
a.              On time Delivery
b.              Voucher beli 5 gratis 1
Maka kita dapat mengungguli mereka karena pengiriman tepat waktu dan harga yang relatif murah tetapi kualitas air yang tetap terjaga kebersihannya.
Peluang usaha kita besar, karena berdasarkan pendekatan yang sudah dilakukan. Calon pengguna jasa kita adalah :
a.    Anak kos
b.    Usaha cafe/ warung
c.    Perumahan
d.   Analisis Pesaing
Di sekitar tempat usaha tersebut belum ada usaha yang sama, namun dilokasi lain yang tempatnya sedikit jauh sudah banyak yang mendirikan usaha ini. Dan rata  - rata competitor kami penjualan hanya mengandalkan masyarakat sekitar tanpa adanya sales marketing.Maka dari itu, inisiatif dan inovasi pemasaran harus dilakukan, dengan cara sales marketing untuk menitipkan hasil produksi ke warung – warung di daerah yang belum ada usaha ini.
Seiring berjalannya waktu maka persaingan usaha akan semakin besar karna akan tumbuhnya usaha depot air minum isi ulang galon yang sama maka ada beberapa strategi yang harus dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dan tetap menguasai pasar bahkan memperluas pasar, diantaranya yang harus dilakukan dalam mengantisipasi perkembangan ekonomi yang semakin kompetitif dengan melakukan strategi yang tepat agar tidak tersisih dalam persaingan yaitu:
a.    Tetap menjaga kehigenisan air isi ulang galon.
b.    Melakukan penambahan filter karbon aktif (cartridge microfilter) agar warna air semakin jernih dan terhindar dari partikel kasar dalam air.
c.    Melayani konsumen dengan ramah tamah
d.   memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera dan memuaskan.

4.7    Rencana Penjualan
Merupakan tiga hal yang sangat menentukan kesuksesan suatu usaha dipasaran. Target pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah konsumen dari semua kalangan. Sasaran ditujukan kepada semua kalangan masyarakat disekitar.
Berikut ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran perusahaan yang terdiri dari     bauran pemasaran product, price, promotion, place (4P) :
a.     Product  (produk) :
     Isi ulang air minum ini kemasan menggunakan gallon isi ulang yang bisa digunakan berkali – kali, dan di beri label “SAE
b.    Price (harga) :
     Harga untuk setiap gallon isi ulang adalah RP.5000, namun untuk warung adalah Rp. 4000
c.    Promotion (promosi) :
     Peiklanan merupakan salah satu usaha promosi pengenalan produk pada masyarakat luas. Promosi di lakukan dengan cara menyebarkan brosur dan memosting di sosial media seperti; Instagram dan lain sebagainya
a.    Iklan (advertising)
     Media cetak : poster, famplet dan brosur
     Internet : facebook, instagram,
b.    Sales promotion:
Pertama kali dalam mengenalkan depot air minum isi ulang galon SAE KARYA ini yaitu kepada masyarakat sekitar seperti konsumen perorangan dan toko/warung kecil di desa ini yaitu dengan cara mendatangi toko/warung kecil dengan menawarkan harga yang terjangkau, dan jasa antar jemput galon
     Promosi melalui menawarkan langsung ke warung – warung untuk menjual produk kami
c.    Personal selling
     Promosi melalui penjualan langsung konsumen atau teman.
d.   Place (tempat):
     Untuk tempat utama penjualan didirikan di Desa Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus

B.  Rencana Penjualan
Permintaan air isi ulang di lokasi ini sangat tinggi dikarenakan lokasi usaha ini berada didaerah yang strategis yaitu kompleks padat penduduk dan di daerah pedesaan ini juga banyak sekolahan yang tentu banyak berdampingan dengan lokasi kos-kosan. Di samping itu banyak juga masyarakat sekitar yang menjadi pelanggan depot kami ini. Adapun pemasarannya yaitu dengan mengantar kerumah konsumen dengan cara menghubungi no HP yang diberikan atau juga dengan datang langsung kedepot untuk mengisi galonnya sendiri.
Gambaran umum pasar adalah kita akan mendistribusikan air mineral. Sasaran penjualannya yaitu kos-kosan, perkantoran, dan warga masyarakat sekitar. Untuk harga kemasan per galon jika di isi langsung di depot adalah Rp 4.000, sedangkan apabila di antar jemput harganya Rp 5.000. Untuk pelanggan tetap, kami memberikan bonus gratis isi ulang 1 galon jika sudah pernah mengisi galonnya 5 kali.

C.  Penetapan Harga
     Harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan produk. Kami menjual produk kami ini dengan kualitas yang bagus dan harga yang relative murah. Pada awal peluncuran produk untuk menarik konsumen, menjual produk dengan harga rendah. Jika permintaan meningkat, barulah menaikkan harga sedikit demi sedikit.




BAB VI
RENCANA KEUANGAN

1.    Kebutuhan Dana
  1. Kebutuhan modal pada usaha ini adalah Rp. 54.245.000
Sumber danaKebutuhan Modal
Modal Investasi                      :    Rp   61,000,000
Operasional dll                       :    Rp    3,745,000   +
Total kebutuhan modal          :    Rp   64,745,000

  1.  Sumber Dana/Modal
Modal Pribadi                        :    Rp   10,000,000 
Kekurangan modal                 :    Rp   54,745,000

 

2.    Modal Investasi

a.       Peralatan dan bangunan

NAMA BARANG
SATUAN
JUMLAH SATUAN
HARGA SATUAN
JUMLAH
Biaya Bangunan
 M2
20
1,000,000
20,000,000.00
Mesin
 Unit
1
18,500,000
18,500,000.00
Galon
Buah
300
35,000
10,500,000
Sepeda Motor
 Unit
1
12,000,000
12,000,000.00
TOTAL
61,000,000.00

b.       Biaya Tenaga Kerja per – Bulan Pada Tahun Pertama

Jabatan
Jumlah Tenaga Kerja  (Org)
Gaji / Bulan  (Rp)
Produksi
1
750,000
Distribusi
1
750,000
Total
2
1,500,000

 

 

c.       Biaya Operasional bulan pertama

Biaya Operasional
Jumlah Biaya (Rp)
Biaya Listrik
 ± 900 kwh / bln
100,000
Bensin
60 Liter / bln
425,000
Pulsa
/ bln
100,000
Servis sepeda motor
/bln
85,000
Tutup galon, tisu, sabun dll
750,000
Total Biaya Operasional
1,460,000

d.      Investasi Perlengkapan Kantor, ATK dan Peralatan Alat Bantu Kerja

Perlengkapan Kantor & ATK
 Jumlah
Harga Satuan (Rp)
Sub Total  (Rp)
Meja Kerja
1
485,000
485,000
Kursi
2
150,000
300,000
ATK
1
100,000
100,000
Total Perlengkapan Kantor dan ATK
785,000

e.       Total Kebutuhan Modal Kerja per-Bulan Pada Tahun Pertama.

Modal Kerja
Biaya (Rp)
Biaya Tenaga Kerja
1,500,000
Biaya Operasional
1,460,000
Investasi perlengkapan kantor, ATK
785,000
Total
3,745,000     





3.    Pemasukan dari Penjualan Langsung

a.       Perhitungan Penjualan Langsung  per-Bulan


Jenis Penjualan
Harga Jual            per-galon (Rp)
Per-hari
Per-bln
Pemasukan/bln
Konsumen
5,000
30
900
4,500,000.00
Warung
4,000
60
1,800
7,200,000.00
Jumlah
2,700
11,700,000.00

b.      Perhitungan Penjualan Langsung  per-Tahun

Penjualan Langsung / bln       :     11,700,000  
Satu Tahun                             :                    12   x
                                                                 140,400,000

4.     Perhitungan Laba / rugi

a.       Perhitungan Laba Rugi Perbulan

Penjualan perbulan                     =       11,700,000
PPN 10%                                    =         1,170,000 
                                                              10,530,00
Biaya Tenaga Kerja                    =         1,500,000
Biaya Operasional                      =         1,460,000
ATK                                           =            100,000 
Laba bersih perbulan                  =         7,470,000

b.      Perhitungan Laba Rugi Pertahun

Laba bersih per bulan                 =         7,470,000
Bulan dalaam 1 tahun                =                     12  x
Laba bersih pertahun                  =       89,640,000


5.    Perhitungan Payback Period  (PP)

     Proceed tahun 1                              =       89,640,000
     Kekurangan proceed                       =       54,745,000
            Payback Period    KURANG DARI SATU TAHUN SUDAH KEMBALI

6.    Perhitungan Break Event Point (BEP)

     Total kebutuhan modal   :         64,745,000   : ±9 bulan
     Laba bersih per bulan     :           7,470,000


                                                  BAB IIV
PENUTUP

      Kesimpulan
Dari penjelasan usaha depot air minum bahwa usaha ini sangat meyakinkan dimana air merupakan vital sumber kehidupan manusia, air  berasal dari dalam  bumi yang di mafaatkan untuk kepentingan manusia .semakin berkembangnya zaman dan serba praktis, dan banyaknya air yang tercemar oleh kontimasi bahan kimia dan sampah yang membuat air menjadi tak layak lagi di konsumsi.
Bahwa air itu sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga dengan adanya depot isi ulang air minum “SAE KARYA” membantu masyarakat untuk mempermudah mendapatkan air yang bermutu tinggi dan bersih jauh dari kuman, sehingga menjadikan masyarakat yang sehat.
Badan  manusia  terdiri  dari  sekitar 65%  air. Kehilangan   air   cukup   banyak  dapatberakibat   fatal   atau   bahkan mengakibatkan kematian. Setiap hari manusia memerlukan 2,5 - 3 liter air untuk minum dan makan.
Bahwa air itu sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga dengan adanya Depo Air Minum Dantri Jaya. Membantu masyarakat untuk mempermudah mendapatkan air yang bermutu tinggi dan bersih jauh dari kuman , sehingga menjadikan masyarakat yang sehat
Berdasrkan kesimpulan bahwa Air yang ada di bumi umumnya tidak dalam keadaan murni(H20), melainkan  mengandung  berbagai  bahan  baik  terlarut  maupun tersuspensi, termasuk  mikroba. Oleh karena itu sebelum dikonsumsi, air harus diolahterlebih dahulu untuk menghilangkan atau menurunkan kadar bahan tercemar sampai pada  tingkat  yang  aman.
Jadi minum lah air yang sehat,segar,higenis dan terjamin mineral nya.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar